MATERI PESTA SIAGA CABANG
KWARCAB KAB.PEKALONGAN TAHUN 2017
A. KEMAMPUAN MEMILIKI IMAN DAN TAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA
ESA
WARUNG I: AGAMA
1. Agama Islam
a.
Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat
b.
Mengucapkan Doa Utuk Kedua Orang Tua
c.
Mengucapkan Doa Memakai Pakaian
d.
Mengucapkan Doa Bercermin
e.
Mengucapkan Doa Sesudah Wudhu
2. Agama Kristen dan Katholik
a. Mengucapkan Doa Belajar
b. Mengucapkan Doa Mau Tidur
c. Mengucapkan Doa Mau Makan
d. Menyebutkan agama dan tempat ibadahnya
e. Menyebutkan agama dan kitabnya
2. Agama Hindu
a. Mengucapkan Doa Belajar
b. Mengucapkan Doa Mau Tidur
c. Mengucapkan Doa Mau Makan
d. Menyebutkan agama dan tempat ibadahnya
e. Menyebutkan agama dan kitabnya
3. Agama Budha
a. Mengucapkan Doa Belajar
b. Mengucapkan Doa Mau Tidur
c. Mengucapkan Doa Mau Makan
d. Menyebutkan agama dan tempat ibadahnya
e. Menyebutkan agama dan kitabnya
4.
Konghuchu
a.
Menyebutkan doa syukur
saat menjelang dan sesudah makan
b.
Mengucapkan doa
memulai pelajaran
c.
Mengucapkan doa
setelah pelajaran/belajar
d.
Mengucapkan doa
menjelang tidur
e.
Menyebutkan nama kitab-kitab
agama khonghucu
Teknik pelaksanaan :
Satu
persatu anak maju (anggota yang lain membalikkan badan) mengambil soal kemudian
dibaca dan langsung dijawab.
Penilaian :
Betul
nilai : 10
Salah
: 0
Jumlah
nilai : 100
Keterangan
:
a.
Nilai
10 apabila anak mengambil soal kemudian menjawab dengan betul/hafal
b.
Nilai 0 apabila anak
mengambil soal kemudian menjawab salah/tidak
hafal/ berulang-ulang
B. KEMAMPUAN MENUNJUKKAN SIKAP KUAT MENTAL, EMOSIONAL,
TINGGI MORAL, BERKEPRIBADIAN, BERWATAK DAN BERBUDI LUHUR.
WARUNG II : SEMANGAT BARUNG (YEL BARUNG)
1. Semangat Barung (
Yel-yel Barung
)
Tema:
a.
Lestarikan Alamku
b.
Budaya Hidup Sehat
c.
Persatuan dan
Kesatuan
Ketentuan:
a. Peserta memilih sendiri tema
yang akan ditampilkan
b. Yel-yel : Menunjukkan kesemangatan/memacu seluruh anggota barung dengan
berbagai macam gerakan, ucapan, slogan atau semboyan agar semangat (bukan merupakan gubahan
lagu).
c. Komposisi gerakan ke gerakan yang lain diselingi atraksi menjadikan
pembeda antara formasi dan atraksi.
d. Atraksi : action, melompat, piramid, beroda dan lain-lain yang tidak membahayakan bagi keselamatan
peserta.
e. Waktu : 3 menit ( 2.31 – 3.30
dihitung 3 meniit)
Penilaian :
a. Diikuti
10 anak : 10
b. Terpenuhi
waktu 3
menit, : 12 - 15
(kelebihan
/ kekurangan waktu nilai
dikurangi 3 )
c. Terpenuhinya
5 variasi gerakan/formasi
barisan
(tiap
formasi barisan nilai 4 : 4 - 20
d. Adanya 4 Macam Atraksi ( tiap 1 atraksi nilai 5 ) : 5 - 20
e. Kekompakan
( gerakan tangan, kaki) : 12 - 15
f. Kesemangatan : 8 - 10
Nilai diperoleh tiap barung minimal = 51
Nilai diperoleh tiap barung maksimal = 90
WARUNG III : PAKAIAN SERAGAM
2. Memasangkan Kelengkapan Pakaian
Seragam Pramuka
a.
Tanda Topi
b.
Setangan Leher
c.
Tanda Pelantikan
d.
Tanda Pandu Dunia
e.
Papan Nama
f.
Tanda Lokasi (Jawa Tengah)
g.
Tanda Barung
h.
TKU Siaga
Bantu ( Manggar 2 )
i.
Tanda TKK Menabung
j.
Tanda Jabatan Pinrung
Teknik Pelaksanaan
Anak secara
bergiliran maju (anggota yang lain membalikkan badan) mengambil soal terus mengambil
benda sesuai dengan soal, kemudian menyebutkan nama dan
selanjutnya menempelkan pada tempatnya.
Penilaian :
a.
Mengambil dan menyebut nama benda betul, menempelkan pada tempatnya betul nilai 10
b.
Mengambil dan menyebut nama benda betul, menempelkan pada tempatnya salah nilai 0
c.
Mengambil salah,
menyebut betul, menempelkan pada tempatnya betul nilai 0
d.
Mengambil dan menyebut nama benda
salah nilai 0
e.
Kemiringan 900
pada saat meletakkan dianggap betul
f.
Jumlah nilai maksimal
100
C. KEMAMPUAN BERUSAHA MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN
KECERDASAN
WARUNG IV : PENGETAHUAN UMUM
Mengenal
Nama-Nama Raja
a.
Kerajaan Samudra Pasai : Sultan Malik as-Saleh
b.
Kerajaan Demak : Raden Patah
c.
Kerajaan Mataram Islam : Panembahan Senopati
d.
Kerajaan Aceh : Sultan
Iskandar Muda
e.
Kerajaan Banjar : Raden Samudra
f.
Kerajaan Ternate : Sultan Zaenal Abidin
g.
Kerajaan Tarumanegara : Purnawarman
h.
Kerajaan Kediri : Jayabaya
i.
Kerajaan Kutai : Mulawarman
j.
Kerajaan Singasari : Ken Arok
Teknik
Pelaksanaan :
•
Anak satu persatu
maju (yang lain membalikkan badan), mengambil soal berupa tulisan nama kerajaan
kemudian menyebutkan dan menjodohkan dengan tulisan nama raja
Penilaian:
•
Apabila anak menjodohkan benar nilai 10
•
Apabila
anak meletakkan salah nilai 0
•
Setelah
anak meletakkan, soal diambil lagi oleh yahnda/bunda dipisahkan dari soal yang
belum diambil
•
Nilai maksimal 100
WARUNG V : TALI TEMALI
2. Keterampilan tali temali: membuat macam-macam simpul
a. Simpul mati
b. Simpul Hidup
c. Simpul Pangkal
d. Simpul Jangkar
e. Simpul Anyam
Bahan / alat :
Tali
pramuka 12 buah dengan ukuran 50 cm
Tongkat
4 buah ukuran 160 cm
Teknik Pelaksanaan :
•
Barung berbaris menjadi 2 shaf dengan masing-masing
shaf saling membelakangi kemudian mengambil soal secara acak per-shaf,
selanjutnya mengerjakan soal secara
serentak.
( Waktu mengerjakan wajib 2 Menit, kelebihan waktu dianggap gugur )
Penilaian :
•
Selesai tepat waktu,
pembuatan tali betul, nilai 10
•
Pembuatan tali
salah, nilai 0
•
Nilai maksimal 100
D. KEMAMPUAN BERUSAHA MENINGKATKAN KETRAMPILAN, KETANGKASAN
DAN OLAH RAGA
WARUNG VI : PERMAINAN GOLBOW (GOLF BOWLING )
Alat : 10 botol larutan kosong
1
bola tenis lapangan
1 kayu reng ukuran panjang
75 cm lebar 3 cm tebal 1,5 cm
Panjang
Panjang sisi segitiga 40 cm
Jarak segitiga dengan garis
pukul 4 m
Teknik pelaksanaan :
•
Anak berbaris 1 banjar
•
Anak bergantian memukul bola tenis agar mengenai susunan botol
kosong yang berbentuk segitiga sama sisi
Penilaian :
•
Nilai yang diperoleh berdasarkan botol yang dirobohkan oleh tiap anak
•
Nilai minimal tiap anak 0
•
Nilai maksimal tiap anak 10
•
Nilai maksimal tiap regu 100
WARUNG
VII : PUZZLE
Permainan menyusun puzzle
Alat :
a. 5
gambar tokoh pramuka ukuran A4
1. Boden
Powell
2. H.
Mutahar
3. Sri
Sultan Hamengkubuwono IX
4. H.
Masyudi
5. Dr.
H. Adhyaksa Dault, SH, M.Si
b. Tiap
gambar dipotong menjadi 8 bagian yang berbentuk segitiga
Teknik Pelaksanaan :
a. Peserta dibagi menjadi 2 shaf bertolak belakang
b. Peserta menyusun puzzle dengan ketentuan waktu 2 menit
Penilaian :
a. Susunan puzzle betul nilai 10
b. Susunan puzzle salah nilai 0
c. Nilai maksimal 100
E. KEMAMPUAN MEMILIKI KEPEDULIAN TERHADAP SESAMA HIDUP DAN
ALAM LINGKUNGAN UNTUK MENUMBUHKAN CINTA TANAH AIR DAN BUDAYA INDONESIA
WARUNG VIII : MENJODOHKAN NAMA TOKOH
1.
Bapak Pramuka Indonesia :
Sri Sultan Hamengkubuwono IX
2.
Bapak Pandu Dunia :
Boden Powell
3.
Bapak Palang Merah Dunia :
Hendry Dunant
4.
Bapak Proklamator :
Ir. Soekarno
5.
Pahlawan Nasional :
Pangeran Diponegoro
6.
Pahlawan Revolusi :
Jenderal Ahmad Yani
7.
Pahlawan Kemerdekaan :
Jenderal Sudirman
8.
Pahlawan Wanita dari Aceh :
Cut Nyak Dhien
9.
Pahlawan Emansipasi Wanita :
R.A. Kartini
10.
Pahlawan Wanita Maluku : Martha Christina Tiahahu
Teknik Pelaksanaan :
Anak
mengambil soal jabatan, menyebutkan kemudian meletakkan pada gambar tokoh
Penilaian
a. Anak meletakkan betul nilai 10
b. Anak meletakkan salah nilai 0
c. Nilai maksimal 100
WARUNG
IX: PEDULI SESAMA HIDUP DAN LINGKUNGAN
Memasangkan nama penyakit dan tanaman obat-obatan
•
Daun pepaya =
Nafsu makan
•
Daun jambu biji = Diare
•
Jahe =
Masuk angin
•
Kunyit =
Sakit perut
•
Kencur =
Batuk
•
Lengkuas =
Panu
•
Daun Sirih =
Mimisan
•
Serai =
Sakit tulang
•
Kecombrang = Turun panas
•
Mengkudu =
Darah tinggi
Teknik
pelaksanaan :
•
Anak secara
bergiliran mengambil soal (anggota yang lain berdiri
membelakangi) kemudian menjodohkan dengan tanaman
obat.
•
Soal
yang sudah diambil dan sudah dipasangkan ke tanaman obat dipisah
oleh juri dengan
soal yang belum diambil.
Penilaian
•
Meletakkan benar nilai 10
•
Meletakkan salah nilai 0
•
Jumlah nilai 100
F. MENUNJUKKAN RASA CINTA SENI
DAN BUDAYA MELALUI PEMENTASAN
WARUNG X : SENI BUDAYA
Teknik
pelaksanaan :
•
Tiap barung menampilkan tarian dengan iringan musik
•
Tari
daerah kreasi sendiri, iringan musik bebas
(CD, Flashdisk, Kaset), lagu daerah seluruh Indonesia
•
Pakaian seragam
pramuka berasesoris.
•
Waktu : maksimal 5 menit
Penilaian :
•
Diikuti 10 anak : Nilai 8 – 10
•
Gerak / Wiraga :
nilai 15 – 20
•
Irama / Wirama : nilai 15 – 20
•
Penampilan / Wirasa :
nilai 32 – 40
•
Nilai minimal 70, maksimal 90
WARUNG XI : MENJODOHKAN HURUF JAWA KE TULISAN LATIN
1.
Ibu tindak pasar nitih becak
2.
Ibu ngumbah klambi ning kali
3.
Bapak kondur saking kantor pos
4.
Bapak maos koran wonten teras
5.
Wati nembe lara weteng
6.
Wati nembe lunga wingi
7.
Bocah-bocah lagi padha dolanan
8.
Bocah-bocah lagi padha guyonan
9.
Sirahe abot kaya ditindhihi watu
10.
Sirahe abot kaya ana watune
Teknik pelaksanaan
•
Peserta mengambil soal huruf jawa kemudian menjodohkan
dengan tulisan latinnya
•
Soal yang sudah diberi nilai, diambil oleh juri
Penilaian
• Jawaban betul nilai 10
• Jawaban salah nilai 0
• Nilai maksimal 100
G. KEMAMPUAN MENGIKUTI DAN MENTAATI ATURAN KEBIASAAN UNTUK
MENUMBUHKAN KEWAJIBAN BERBAKTI KEPADA KELUARGA, MASYARAKAT DAN NEGARA
WARUNG XII
1. BUMBUNG KEMANUSIAAN
Teknik Pelaksanaan : Tiap
peserta menyumbang minimal Rp 5.000,-
Penilaian :
Menyumbang nilai 10, tidak menyumbang nilai 0
Jumlah nilai 100
WARUNG XIII PBB
2. FORMASI BENTUK BARISAN
Materi:
1) Siap … grak
2) Lencang kanan … grak
3) Berhitung (Hitung … mulai)
4) Hormat … grak
5) Hadap kanan… grak
6) Hadap kiri … grak
7) Dua langkah ke kanan … jalan
8) Dua langkah ke kiri
… jalan
9) Setengah Lengan Lencang kanan … grak
10) Istirahat di tempat
… grak
Teknik Pelaksanaan
a. Pemimpin barung memimpin di depan barisannya
b. Perintah/aba-aba dilaksanakan secara urut no 1 - 10
c. Jika pemimpin barung salah memberi aba-aba/tidak
sesuai urutan maka langsung selesai kegiatannya
d. Sistem gugur
Penilaian :
a.
Tiap
formasi benar nilai 10
b.
Jika
ada anak melakukan gerakan salah dala satu gerakan/formasi, maka tiap anak salah nilai dikurangi 1
c.
Nilai maksimal 100
Catatan : Apabila terjadi nilai draw, maka akan dipertandingkan
ulang pada
Warung VI (
Permainan Golbow )
>> DOWNLOAD DISINI <<
Ijin donlod dan share, Gan...
ReplyDeletekepramukaan memang seharusnya di tanamkan sejak usia dini, dan alangkah lebih baiknya jika di tingkatkan lagi.
ReplyDelete