About Me

My photo
**Perkenalkan, saya Ariyanti** Guru di SD Negeri 01 Watusalam, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. Dengan semangat untuk terus belajar dan berinovasi, saya telah menyelesaikan pelatihan GMT L1 Batch 6 dan menjadi bagian dari alumni IKA21 Kabupaten Pekalongan. Selain itu, pada tahun 2022, saya bergabung dalam Tim Merdeka Mengajar untuk mendukung implementasi pembelajaran yang lebih merdeka dan berfokus pada siswa. Saat ini, saya juga berperan sebagai Sahabat Teknologi 2024, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk membantu rekan-rekan guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran di kelas.

Monday, 26 December 2016

Materi PESTA SIAGA 2017

Materi PESTA SIAGA 2017 KWARCAB KAB.PEKALONGAN TAHUN 2017

MATERI PESTA SIAGA CABANG
KWARCAB KAB.PEKALONGAN TAHUN 2017

A.   KEMAMPUAN MEMILIKI IMAN DAN TAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA

WARUNG I: AGAMA

1.   Agama Islam
a.  Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat
b.  Mengucapkan Doa Utuk Kedua Orang Tua
c.   Mengucapkan Doa Memakai Pakaian
d.  Mengucapkan Doa Bercermin
e.  Mengucapkan Doa Sesudah Wudhu

2.   Agama Kristen dan Katholik
a.    Mengucapkan Doa Belajar
b.    Mengucapkan Doa Mau Tidur
c.    Mengucapkan Doa Mau Makan
d.    Menyebutkan agama dan tempat ibadahnya
e.    Menyebutkan agama dan kitabnya
    
2.   Agama Hindu
a.    Mengucapkan Doa Belajar
b.    Mengucapkan Doa Mau Tidur
c.    Mengucapkan Doa Mau Makan
d.    Menyebutkan agama dan tempat ibadahnya
e.    Menyebutkan agama dan kitabnya

3.   Agama Budha
a.  Mengucapkan Doa Belajar
b.  Mengucapkan Doa Mau Tidur
c.   Mengucapkan Doa Mau Makan
d.  Menyebutkan agama dan tempat ibadahnya
e.  Menyebutkan agama dan kitabnya

4.    Konghuchu
a.                    Menyebutkan doa syukur saat menjelang dan sesudah makan
b.                    Mengucapkan doa memulai pelajaran
c.                    Mengucapkan doa setelah pelajaran/belajar
d.                    Mengucapkan doa menjelang tidur
e.                    Menyebutkan nama kitab-kitab agama khonghucu

Teknik pelaksanaan :
Satu persatu anak maju (anggota yang lain membalikkan badan) mengambil soal kemudian dibaca dan langsung dijawab.

Penilaian :
Betul nilai           :           10
Salah                 :             0
Jumlah nilai       :          100



Keterangan        :

a.    Nilai 10 apabila anak mengambil soal kemudian menjawab dengan betul/hafal
b.    Nilai 0 apabila anak mengambil soal kemudian menjawab salah/tidak hafal/ berulang-ulang

B.   KEMAMPUAN MENUNJUKKAN SIKAP KUAT MENTAL, EMOSIONAL, TINGGI MORAL, BERKEPRIBADIAN, BERWATAK DAN BERBUDI LUHUR.

WARUNG II :  SEMANGAT BARUNG (YEL BARUNG)

1.   Semangat Barung ( Yel-yel Barung )
Tema:
a.  Lestarikan Alamku
b.  Budaya Hidup Sehat
c.   Persatuan dan Kesatuan

Ketentuan:
a.  Peserta memilih sendiri tema yang akan ditampilkan
b.  Yel-yel : Menunjukkan kesemangatan/memacu seluruh anggota barung dengan berbagai macam gerakan, ucapan, slogan atau semboyan agar semangat (bukan merupakan gubahan lagu)
c.   Komposisi gerakan ke gerakan yang lain diselingi atraksi menjadikan pembeda antara formasi dan atraksi.
d.  Atraksi : action, melompat, piramid, beroda dan lain-lain yang tidak membahayakan bagi keselamatan peserta.
e.  Waktu : 3 menit ( 2.31 – 3.30  dihitung 3 meniit)

Penilaian :
a.    Diikuti 10 anak                                                        : 10
b.    Terpenuhi waktu 3 menit,                                         : 12 - 15
(kelebihan / kekurangan waktu nilai dikurangi 3 )
c.    Terpenuhinya 5 variasi gerakan/formasi barisan
 (tiap formasi barisan nilai  4                                    : 4 - 20
d.    Adanya 4 Macam Atraksi ( tiap 1 atraksi nilai 5 )         : 5 - 20
e.    Kekompakan ( gerakan tangan, kaki)                         : 12 - 15
f.     Kesemangatan                                                        : 8 - 10
Nilai diperoleh tiap barung  minimal   = 51
Nilai diperoleh tiap barung  maksimal = 90


WARUNG III : PAKAIAN SERAGAM
2.     Memasangkan Kelengkapan Pakaian Seragam Pramuka
a.            Tanda Topi
b.            Setangan Leher                                            
c.            Tanda Pelantikan                       
d.            Tanda Pandu Dunia          
e.            Papan Nama
f.             Tanda Lokasi (Jawa Tengah)
g.            Tanda Barung
h.            TKU  Siaga Bantu ( Manggar 2 )
i.             Tanda TKK Menabung
j.             Tanda Jabatan Pinrung

Teknik Pelaksanaan
Anak secara bergiliran maju (anggota yang lain membalikkan badan)  mengambil soal terus mengambil benda sesuai dengan soal, kemudian menyebutkan nama dan selanjutnya menempelkan pada tempatnya.

Penilaian :
a.  Mengambil dan menyebut nama benda betul, menempelkan pada tempatnya betul nilai 10
b.  Mengambil dan menyebut nama benda betul, menempelkan pada tempatnya salah nilai 0
c.   Mengambil salah, menyebut betul, menempelkan pada tempatnya betul nilai 0
d.  Mengambil dan menyebut nama benda salah nilai 0
e.  Kemiringan 900 pada saat meletakkan dianggap betul
f.   Jumlah nilai maksimal 100

C.   KEMAMPUAN BERUSAHA MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KECERDASAN

WARUNG IV : PENGETAHUAN UMUM

Mengenal Nama-Nama Raja
a.    Kerajaan Samudra Pasai                   : Sultan Malik as-Saleh
b.    Kerajaan Demak                              : Raden Patah
c.    Kerajaan Mataram Islam                   : Panembahan Senopati
d.    Kerajaan Aceh                                 : Sultan Iskandar Muda
e.    Kerajaan Banjar                               : Raden Samudra
f.     Kerajaan Ternate                             : Sultan Zaenal Abidin
g.    Kerajaan Tarumanegara          : Purnawarman
h.    Kerajaan Kediri                                : Jayabaya
i.     Kerajaan Kutai                                 : Mulawarman
j.     Kerajaan Singasari                           : Ken Arok

Teknik Pelaksanaan  :
    Anak satu persatu maju (yang lain membalikkan badan), mengambil soal berupa tulisan nama kerajaan kemudian menyebutkan dan menjodohkan dengan tulisan nama raja

Penilaian:
    Apabila anak menjodohkan benar nilai 10
    Apabila anak meletakkan salah nilai 0
    Setelah anak meletakkan, soal diambil lagi oleh yahnda/bunda dipisahkan dari soal yang belum diambil
    Nilai maksimal 100


WARUNG V : TALI TEMALI

2. Keterampilan tali temali: membuat macam-macam simpul
a.    Simpul mati
b.    Simpul Hidup
c.    Simpul Pangkal
d.    Simpul Jangkar
e.    Simpul Anyam

Bahan / alat :

Tali pramuka 12 buah dengan ukuran 50 cm
Tongkat 4 buah ukuran 160 cm

Teknik Pelaksanaan :
    Barung berbaris menjadi 2 shaf dengan masing-masing shaf saling membelakangi kemudian mengambil soal secara acak per-shaf, selanjutnya  mengerjakan soal secara serentak. ( Waktu mengerjakan wajib 2 Menit, kelebihan waktu dianggap gugur )

Penilaian :
    Selesai tepat waktu, pembuatan tali betul, nilai 10
    Pembuatan tali salah, nilai 0
    Nilai maksimal 100

D.   KEMAMPUAN BERUSAHA MENINGKATKAN KETRAMPILAN, KETANGKASAN DAN OLAH RAGA

WARUNG VI : PERMAINAN GOLBOW (GOLF BOWLING )

Alat : 10 botol larutan kosong
          1 bola tenis lapangan
1 kayu reng ukuran panjang 75 cm lebar 3 cm tebal 1,5 cm
Panjang
                   Panjang sisi segitiga 40 cm
                   Jarak segitiga dengan garis pukul 4 m
                  
Teknik pelaksanaan :
      Anak berbaris 1 banjar
      Anak bergantian memukul bola tenis agar mengenai susunan botol kosong yang berbentuk segitiga sama sisi

Penilaian :
      Nilai yang diperoleh berdasarkan botol yang dirobohkan oleh tiap anak
      Nilai minimal tiap anak 0
      Nilai  maksimal tiap anak 10
      Nilai maksimal tiap regu 100


WARUNG VII : PUZZLE

Permainan menyusun puzzle

Alat :
a.    5 gambar tokoh pramuka ukuran A4
1.    Boden Powell
2.    H. Mutahar
3.    Sri Sultan Hamengkubuwono IX
4.    H. Masyudi
5.    Dr. H. Adhyaksa Dault, SH, M.Si
b.    Tiap gambar dipotong menjadi 8 bagian yang berbentuk segitiga

Teknik Pelaksanaan :
a.    Peserta dibagi menjadi 2 shaf bertolak belakang
b.    Peserta menyusun puzzle dengan ketentuan waktu 2 menit
Penilaian :
a.    Susunan puzzle betul nilai 10
b.    Susunan puzzle salah nilai 0
c.    Nilai maksimal 100


E.   KEMAMPUAN MEMILIKI KEPEDULIAN TERHADAP SESAMA HIDUP DAN ALAM LINGKUNGAN UNTUK MENUMBUHKAN CINTA TANAH AIR DAN BUDAYA INDONESIA

WARUNG VIII : MENJODOHKAN NAMA TOKOH

1.    Bapak Pramuka Indonesia                 : Sri Sultan Hamengkubuwono IX
2.    Bapak Pandu Dunia                          : Boden Powell
3.    Bapak Palang Merah Dunia               : Hendry Dunant
4.    Bapak Proklamator                          : Ir. Soekarno
5.    Pahlawan Nasional                          : Pangeran Diponegoro
6.    Pahlawan Revolusi                           : Jenderal Ahmad Yani
7.    Pahlawan Kemerdekaan          : Jenderal Sudirman
8.    Pahlawan Wanita dari Aceh              : Cut Nyak Dhien
9.    Pahlawan Emansipasi Wanita            : R.A. Kartini
10. Pahlawan Wanita Maluku                  : Martha Christina Tiahahu

Teknik Pelaksanaan :
Anak mengambil soal jabatan, menyebutkan kemudian meletakkan pada gambar tokoh

Penilaian
a.    Anak meletakkan betul nilai 10
b.    Anak meletakkan salah nilai 0
c.    Nilai maksimal 100


WARUNG IX: PEDULI SESAMA HIDUP DAN LINGKUNGAN
Memasangkan nama penyakit dan tanaman obat-obatan

      Daun pepaya                         = Nafsu makan
      Daun jambu biji                     = Diare
      Jahe                                     = Masuk angin
      Kunyit                                  = Sakit perut
      Kencur                                  = Batuk
      Lengkuas                              = Panu
      Daun Sirih                             = Mimisan
      Serai                                    = Sakit tulang
      Kecombrang                          = Turun panas
      Mengkudu                             = Darah tinggi
     
Teknik pelaksanaan :
      Anak  secara bergiliran  mengambil soal (anggota yang lain berdiri membelakangi) kemudian menjodohkan dengan tanaman obat.
      Soal yang sudah diambil dan sudah dipasangkan ke tanaman obat dipisah oleh juri dengan soal yang belum diambil.


          Penilaian
      Meletakkan benar nilai 10
      Meletakkan salah nilai 0
      Jumlah nilai 100

F.    MENUNJUKKAN RASA CINTA SENI DAN BUDAYA MELALUI PEMENTASAN

WARUNG X : SENI BUDAYA

Teknik pelaksanaan :

      Tiap barung menampilkan tarian dengan iringan musik
      Tari daerah kreasi sendiri, iringan musik bebas  (CD, Flashdisk, Kaset), lagu daerah seluruh Indonesia
      Pakaian seragam pramuka berasesoris.
      Waktu : maksimal  5 menit

Penilaian :
      Diikuti 10 anak            :  Nilai 8 – 10
      Gerak / Wiraga             :  nilai 15 – 20
      Irama / Wirama            :  nilai 15 – 20
      Penampilan / Wirasa     :  nilai 32 – 40
      Nilai minimal 70, maksimal  90

WARUNG XI : MENJODOHKAN HURUF JAWA KE TULISAN LATIN

1.    Ibu tindak pasar nitih becak
2.    Ibu ngumbah klambi ning kali
3.    Bapak kondur saking kantor pos
4.    Bapak maos koran wonten teras
5.    Wati nembe lara weteng
6.    Wati nembe lunga wingi
7.    Bocah-bocah lagi padha dolanan
8.    Bocah-bocah lagi padha guyonan
9.    Sirahe abot kaya ditindhihi watu
10. Sirahe abot kaya ana watune

Teknik pelaksanaan       
      Peserta mengambil soal huruf jawa kemudian menjodohkan dengan tulisan latinnya
      Soal yang sudah diberi nilai, diambil oleh juri

Penilaian   
      Jawaban betul nilai 10
      Jawaban salah nilai 0
      Nilai maksimal 100





G.   KEMAMPUAN MENGIKUTI DAN MENTAATI ATURAN KEBIASAAN UNTUK MENUMBUHKAN KEWAJIBAN BERBAKTI KEPADA KELUARGA, MASYARAKAT DAN NEGARA

WARUNG XII

1.   BUMBUNG KEMANUSIAAN
Teknik Pelaksanaan : Tiap  peserta menyumbang minimal Rp 5.000,-
Penilaian                   : Menyumbang nilai 10, tidak menyumbang nilai 0
                               Jumlah nilai 100                                


WARUNG XIII PBB

2.   FORMASI BENTUK BARISAN
Materi:
1)     Siap … grak
2)     Lencang kanan … grak
3)     Berhitung (Hitung … mulai)
4)     Hormat … grak
5)     Hadap kanan… grak
6)     Hadap kiri … grak
7)     Dua langkah ke kanan … jalan
8)     Dua  langkah ke kiri … jalan
9)     Setengah Lengan Lencang kanan … grak
10)  Istirahat di tempat … grak

Teknik Pelaksanaan
a.  Pemimpin barung memimpin di depan barisannya
b.  Perintah/aba-aba dilaksanakan secara urut no 1 - 10
c.   Jika pemimpin barung salah memberi aba-aba/tidak sesuai urutan maka langsung selesai kegiatannya
d.  Sistem gugur

Penilaian :

a.  Tiap formasi benar nilai 10
b.  Jika ada anak melakukan gerakan salah dala satu gerakan/formasi, maka tiap anak salah nilai dikurangi 1
c.   Nilai maksimal 100


Catatan     : Apabila terjadi nilai draw, maka akan dipertandingkan ulang pada
Warung VI ( Permainan Golbow )

2 comments:

  1. kepramukaan memang seharusnya di tanamkan sejak usia dini, dan alangkah lebih baiknya jika di tingkatkan lagi.

    ReplyDelete