About Me

My photo
**Perkenalkan, saya Ariyanti** Guru di SD Negeri 01 Watusalam, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. Dengan semangat untuk terus belajar dan berinovasi, saya telah menyelesaikan pelatihan GMT L1 Batch 6 dan menjadi bagian dari alumni IKA21 Kabupaten Pekalongan. Selain itu, pada tahun 2022, saya bergabung dalam Tim Merdeka Mengajar untuk mendukung implementasi pembelajaran yang lebih merdeka dan berfokus pada siswa. Saat ini, saya juga berperan sebagai Sahabat Teknologi 2024, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk membantu rekan-rekan guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran di kelas.

Tuesday 29 October 2024

PembaTIK 2024: Perjalanan Berbagi dan Kolaborasi Menuju Pendidikan Digital

Mengikuti PembaTIK 2024 adalah pengalaman yang penuh tantangan sekaligus memuaskan. Dimulai dari Level 1, saya merasa antusias untuk mempelajari teknologi pendidikan lebih dalam, terutama bagaimana mengaplikasikannya untuk meningkatkan pembelajaran di kelas. Namun, perjalanan ini tidak bisa saya tempuh sendiri. Dukungan dari berbagai pihak menjadi kunci utama saya berhasil hingga ke Level 4. Dari level awal hingga mencapai Level 4, setiap langkah membawa tantangan dan pembelajaran yang tak ternilai. Berikut adalah rangkuman perjalanan saya selama mengikuti PembaTIK 2024.


Sebagai langkah awal dalam perjalanan berbagi dan berkolaborasi, saya membuat action plan yang saya buat untuk mempermudah saya dalam sebuah dokumentasi tugas tugas yang harus saya selesaikan. Dokumen ini sangat bermanfaat karena sebagai pendorong untuk mencapai tujuan kegiatan berjalan lebih efektif

                                                           klik disini 👉Action Plan


"Multimedia pembelajaran interaktif yang saya buat pada pembatik lv 3 saya terapkan dalam pembelajaran dikelas dengan menggunakan pendekatan berdeferensiasi konten. Sebelum melakukan pembelajaran dengan MPI sudah dilakukan terlebih dahulu asesmen awal non koqnitif dengan pertanyaan seputar HP atau gadget yang sudah familiar dan mereka gunakan seharihari. Dan dari hasil asesmen awal tersebut belum ada satupun anak yang menggunakan gadget mereka untuk belajar, kebanyakan HP mereka gunakan hanya untuk melihat konten2 di yutube, tiktok, dan game. Dengan mengenalkan MPI kepada mereka saya ingin menswitch bhw Hp yang menjadi kecintaan mereka  bisa  digunakan untuk  belajar, Alhamdulillah sangat berhasil , MPI yang saya buat tidak hanya bisa digunakan untuk belajar disekolah tetapi bisa juga digunakan dirumah . ada tombol tombol navigasi yang memudahkan dalam penggunaan. Tidak hanya mudah namun sangat menyenangkan.  Saya juga dapat memantau seberapa sering  mereka belajar dirumah dengan melihat hasil belajar yang tampak dalam aplikasi quizziz. "

Pembelajaran di kelas saya awali dengan menyanyikan lagu tentang Pancaindera untuk mengkondisikan dan memotivasi siswa dalam belajar. Pada hari itu anak anak saya perbolehkan membawa HP bagi yang punya. Kebetulan sekolah kami sudah  mendapatkan bantuan chromebook dan LCD proyektor jadi penggunaan MPI dalam pembelajaran lebih mudah dilaksanakan.


 

Sinergi dan Kolaborasi dengan Co-Kapten Kabupaten


Setelah lolos PembaTIK level 4, saya berkoordinasi dengan co-captain kabupaten. Pertemuan ini menjadi pondasi awal untuk memahami visi besar PembaTIK dan mendiskusikan strategi bersama. Dukungan dan arahan dari co-captain sangat berharga dalam memberikan wawasan baru dan memperkuat keyakinan untuk melangkah ke level berikutnya. Kami berdiskusi mengenai rencana, metode, dan cara mengatasi tantangan yang mungkin dihadapi dalam berbagi praktik baik di sekolah maupun di komunitas belajar lainnya.



Memperoleh Dukungan dari Ketua Korwil Kecamatan

Langkah berikutnya adalah berkunjung ke ketua Korwil Kecamatan. Pertemuan ini penuh dengan motivasi dan dukungan yang mendorong saya untuk lebih percaya diri dalam membagikan praktik baik kepada rekan-rekan guru. Dukungan dari ketua Korwil sangat penting, karena dengan dukungan ini saya merasa lebih mantap dalam menjalankan setiap rencana yang telah disusun. Beliau memberikan masukan yang berharga, terutama mengenai cara efektif untuk berinteraksi dengan komunitas guru di KKG (Kelompok Kerja Guru).


       


  Berkolaborasi dengan Kepala seksi Kurikulum dan Penilaian Kelembagaan Peserta Didik Dan pembangunan Karakter Sekolah dasar

Perjalanan semakin bermakna dengan adanya dukungan dari Kepala Seksi Kurikulum Dan Penilaian, Kelembagaan, Peserta Didik Dan Pembangunan Karakter Sekolah Dasar. Pertemuan ini menambah pemahaman saya mengenai kurikulum digital dan bagaimana mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum yang ada. Dukungan dari beliau memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai penerapan teknologi secara efektif dan sesuai dengan kurikulum. 


 

Kunjungan ke Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar untuk Dukungan Implementasi


Selanjutnya , saya juga berkesempatan untuk berdiskusi dengan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Dan KebudayaanDalam pertemuan ini, saya mendapat arahan terkait penggunaan platform digital dan bagaimana memanfaatkan teknologi secara maksimal dalam pembelajaran. Dukungan ini semakin melengkapi perjalanan saya di PembaTIK, dengan pemahaman lebih tentang inovasi teknologi di pendidikan dan bagaimana cara memfasilitasi hal ini ke sekolah-sekolah.



Kunjungan ke Dinas Pendidikan untuk Dukungan Lebih Lanjut


Saya kemudian melanjutkan perjalanan dengan berkunjung ke Dinas Pendidikan dan bertemu langsung dengan kepala dinas. Kunjungan ini bukan hanya memberi semangat baru, namun juga menguatkan komitmen untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan literasi digital di sekolah. Kepala dinas memberikan dukungan penuh dan bahkan memberi kesempatan lebih untuk menyampaikan praktik baik dalam berbagai kegiatan dinas. Dukungan ini membuka kesempatan baru untuk berkolaborasi dengan instansi lainnya di lingkungan pendidikan.


Praktik Baik di Komunitas Belajar Sekolah


Setelah mendapatkan arahan dan dukungan dari berbagai pihak, saya mulai menerapkan praktik baik di lingkungan tempat saya mengajar. Dengan memanfaatkan platform digital, saya berupaya membuat pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi para siswa. Para rekan guru juga ikut dilibatkan dalam praktik baik ini, sehingga kami bersama-sama belajar dan meningkatkan kompetensi digital dalam pembelajaran.


 

Praktik Baik di KKG RA Kartini, KKG Pangeran Diponegoro, dan KKG TK serta beberapa sekolah saya rangkum dalam sebuah video


Selain berbagi langsung di sekolah dan KKG, saya juga berbagi praktik baik melalui webinar. Webinar ini memberikan kesempatan bagi saya untuk menjangkau audiens yang lebih luas, tidak hanya dari satuan pendidikan tertentu. Di webinar ini, saya menjelaskan tentang langkah-langkah sederhana yang dapat diimplementasikan guru untuk membuat pembelajaran berbasis digital yang asyik dan menarik, dengan harapan semakin banyak guru yang terinspirasi dan termotivasi untuk menerapkan teknologi di kelas mereka.


Webinar Berbagi Praktik Baik


Selain berbagi langsung di sekolah dan KKG, saya juga berbagi praktik baik melalui webinar. Webinar ini memberikan kesempatan bagi saya untuk menjangkau audiens yang lebih luas, tidak hanya dari satuan pendidikan tertentu. Di webinar ini, saya menjelaskan tentang langkah-langkah sederhana yang dapat diimplementasikan guru untuk membuat pembelajaran berbasis digital yang asyik dan menarik, dengan harapan semakin banyak guru yang terinspirasi dan termotivasi untuk menerapkan teknologi di kelas mereka.

 





Penutup: Menyambut Masa Depan Pendidikan Digital

Perjalanan PembaTIK 2024 memberikan banyak sekali pengalaman, mulai dari kolaborasi, belajar, hingga berbagi praktik baik di sekolah dan komunitas. Saya merasa semakin mantap melangkah, dengan harapan bisa terus berbagi dan berkontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam transformasi digital. Program ini bukanlah akhir, tetapi awal dari perjalanan panjang untuk terus membangun pendidikan yang lebih baik, inklusif, dan berbasis teknologi.


Demikian perjalanan berbagi dan berkolaborasi saya selama mengikuti kegiatan pembatik level 4 . semoga apa yang telah saya lakukan dapat memberikan inspirasi bagi ibu dan bapak guru hebat senusantara


Berikut ini adalah vlog perjalanan saya berbagi dan berkolaborasi yang telah saya share ke beberapa akun sosial media 


Facebook           

 Mari bersama-sama ciptakan “Inovasi Pembelajaran Digital sebagai Wujud Berbagi dan Berkolaborasi Kurikulum Merdeka”


#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2024

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar 

#PembaTIKlevel4

#PembaTIK

 #SahabatTeknologiJawaTengah

#VlogPembaTIK2024

#BlogPembaTIK2024

#DutaTeknologi

#SahabatTeknologi

#SahabatTeknologiJawaTengah

0 comments:

Post a Comment